Pentingnya Melakukan Pengawet Kayu dan Manfaatnya bagi Produsen Kayu

0
705

Manfaat pengawetan kayu sangat dirasakan oleh pada produsen kayu dan mebel. Dengan ditambah obat khusus, kayu lebih tahan serangga dan jamur.

Pengawet kayu memiliki peranan yang sangat besar terhadap industry. Treatment tersebut berfungsi untuk menjaga kualitas dan nilai ekonomis kayu. Bahan baku industry tersebut akan memiliki daya ketahanan yang lebih baik. Obat yang diberikan akan menunda kerusakan dan meningkatkan stabilitas kayu. Dengan demikian, kayu tidak bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya treatment.

furniture kayu 1

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kerusakan kayu hanya sebabkan oleh dua hal. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh serangga yang menjalankan siklus hidupnya. Kemudian, ada jamur yang gemar merusak tampilan dan substrat kayu. Organisme-organisme tersebut sangat berbahaya bagi kayu. Jejak kerusakannya biasanya dimulai sejak kayu masih hidup hingga benar-benar tidak berguna. Metode apakah yang tepat untuk mencegah semua kerusakan tersebut?

Metode Pengawetan Kayu sangat Efektif untuk Mencegah Serangga dan Jamur

Ada banyak cara untuk mengawetkan kayu agar tidak merugikan pihak industry. Metode pengawetan kayu yang benar harus melalui prosedur yang benar. Prosedur yang pertama dilakukan pada kondisi kayu masih berbentuk log. Di tahap tersebut, kayu dapat diberi dua bahan pengawet sekaligus untuk mencegah serangga dan jamur. Penggunaan produk secara bersamaan seperti itu biasanya dilakukan sampai pada tahap perendaman.

Proses tersebut selesai untuk penanganan jamur perusak jaringan kayu. Sedangkan obat anti anti serangga masih bisa diberikan pada tahap finishing. Akan tetapi, prosedur ini masih bersifat optional. Pada tahap finishing, kayu diawetkan dari serangan jamur permukaan. Organisme yang juga disebut sebagai jamur putih atau jamur tempe ini membutuhkan obat khusus. Apapun produk yang Anda gunakan, pilih produk yang lebih ramah lingkungan.

Inilah Pentingnya Memilih Produk Pengawet Kayu Ramah Lingkungan

furniture kayu 2

Kenapa harus memilih produk ramah lingkungan? Obat pembasmi serangga dan jamur memiliki kandungan bahan kimia. Penggunaan bahan kimia tersebut ditujukan untuk meracuni serangga dan jamur. Sehingga, mereka akan mati dan tidak membuat kerusakan lagi. Namun, zat kimia tersebut bisa jadi membahayakan manusia dan lingkungan sekitar. Itulah mengapa memilih obat anti serangga dan jamur tidak boleh asal.

Mungkin tidak semua produk treatment kayu benar-benar aman. Tetapi, masih ada beberapa produk dengan kandungan bahan kimia yang lebih baik. Sehingga, jika digunakan dengan benar tidak akan menimbulkan efek samping. Sebagai contoh ialah BioCide Wood Fungicide, BioCide Surface Film Preservative, dan BioCide Insecticide. Produk-produk tersebut juga dinilai lebih aman baik bagi lingkungan dan kesehatan.

Sebagai tambahan, dua obat anti jamur yang digunakan sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis jamur. Mulai dari jamur blue stain, white stain, black stain, dan jamur permukaan. Sementara itu, obat anti serangga dapat mencegah datangnya rayap, kumbang bubuk, kecoa, nyamuk, dll. Kegunaan bahan-bahan tersebut tidak hanya untuk kayu tetapi bambu, serat alam, dan rotan. Jadi, memilih produk pengawet kayu ramah lingkungan dan menggunakan dengan metode yang benar adalah pilihan cerdas.

alterntif text

Leave a Reply