Pengawetan Kayu untuk Gitar Klasik Nyaring dan Romantis

0
119

Memberikan pengawetan kayu untuk gitar klasik sangat penting. Jenis gitar ini memang membutuhkan perawatan yang intents atau mendalam.

gitar-besar

Alat musik gitar yang biasa digunakan oleh para musisi terbagi menjadi tiga. Jenis yang pertama ialah gitar klasik kemudian disusul dengan gitar akustik dan elektrik. Sekilas, gitar-gitar tersebut terlihat sama dan menghasilkan suara yang sama. Suara yang keluar dari gitar klasik sangat lembut dan romantis. Ini merupakan salah satu ciri dan kelebihan dari jenis alat musik tersebut.

Namun, gitar klasik lebih membutuhkan perawatan khusus dibandingkan jenis lainnya. Apalagi, bahan baku utamanya ialah kayu yang rentan terhadap serangga dan jamur. Selain itu, jenis kayu yang diambil berbeda-beda lebih dari satu macam. Dengan demikian, sangat penting untuk memberikan pengawetan kayu untuk gitar klasik. Obat yang dibutuhkan harus mampu mencegah kerusakan akibat jamur dan serangga.

Jenis Pengawetan Kayu untuk Gitar Klasik anti Jamur Blue Stain dan Jamur Permukaan

Obat pengawet kayu untuk gitar klasik yang pertama ialah BioCide Wood Fungicide. Produk ini mencegah timbulnya jamur blue stain, white stain, black stain, dll. Organisme tersebut memberikan kerusakan tampilan dengan warna biru, putih atau hitam. Tetapi, kerusakan yang ditimbulkan tidak hanya selesai pada tampilan kayu. Jamur ini juga merusak struktur atau jaringan kayu.

dscf0345

Kemudian, ada BioCide Surface Film Preservative sebagai anti jamur putih. Jenis jamur ini berbeda dengan white stain. Perbedaan lainnya terdapat pada tingkat kerusakan yang hanya menurunkan nilai estetika kayu. Sekilas, organisme yang biasa disebut sebagai jamur tempe tersebut bisa dihilangkan dengan cara dilap. Akan tetapi, hama ini akan muncul lagi setelah beberapa waktu kemudian. Tentunya semua itu tidak akan terulang lagi setelah proses treatment menggunakan obat anti jamur permukaan ini.

 

BioCide Wood Fungicide penggunaannya dilakukan pada tahap kayu log hingga finishing. Alat yang dapat digunakan ialah mesin vakum tekan, kuas, dll. Produk ini juga dapat dicampur dengan obat anti Serangga. Obat pengawet kayu yang ampuh untuk berbagai jenis serangga ialah BioCide Insecticide. Sementara itu, BioCide Surface Film Preservative hanya diberikan pada saat proses finishing. Produk ini pun hanya bisa dicampurkan pada bahan cat dan coating water based.

Menggunakan WA-250 dan Silica Gel sebagai bahan pengawetan kayu untuk Gitar Klasik

Bahan-bahan treatment kayu tersebut memang sangat efektif dan relative lebih aman. Kegunaannya diaplikasian pada berbagai media kayu, bambu, rotan, serat alam, dll. Hal ini sangat sesuai untuk gitar yang membutuhkan berbagai jenis kayu dalam sekali produksi. Bagaimana jika kayu yang akan digunakan sudah terlanjur terserang jamur blue stain? Gunakan White Agent (WA-250) untuk menyamarkan nodanya. Bahan pemutih kayu ini diberikan pada saat proses finishing kayu sebelum cat dan coating diberikan. Alat yang dapat digunakan ialah kuas atau lain.

gitar-kecil

Setelah kayu sudah siap, proses selanjutnya ialah membuat gitar. Teknik yang dibutuhkan ialah konstruksi dan laminasi dengan menggunakan lem. Dengan demikian lem kayu yang cocok ialah Crossbond X 3 (lem kayu konstruksi) dan Crossbond X 4 (lem kayu laminasi). Kedua bahan perekat tersebut terbuat dari polyvinyl acetate (PVAc) yang dinilai lebih aman dan ramah lingkungan. Sebagai tambahan, produk perekat ini sangat kuat dan daya sebarnya luas.

Kemudian, bahan cat yang dapat digunakan ialah BioColours Biovarnish. Jenis cat ini menghasilkan warna kayu asli atau transparan. Selain itu, ada Orchid Enamel Paint untuk tampilan gitar kayu solid. Pilihan warna yang ditawarkan sangat beragam seperti merah, biru, kuning, hijau, dll. Gitar yang sudah jadi juga dapat disisipi dengan silica gel sebagai bahan penyerap kelembaban Produk pengawetan kayu untuk gitar klasik ini ada tida macam. Tetapi, jenis yang paling cocok ialah silica gel putih dan silica gel natural.

alterntif text

Leave a Reply