Pengawetan Kayu dari Jamur Tempe di Kabinet Dapur yang Praktis

0
95

Pengawetan kayu dari jamur tempe di kabinet dapur dapat dilakukan dengan dua cara. Metode tersebut menjaga kualitas furniture dapur Anda praktis dan aman.

kabinet dapur2

Kabinet adalah perabot penting di dapur yang secara umum terbuat dari kayu. Furniture ini memiliki bentuk yang khas seperti memanjang, huruf “U” atau “L”. Ternyata, keunikan tersebut tidak hanya terlihat dari bentuknya saja. Akan tetapi, hal itu terlihat jelas dari penempatannya yang berada di lantai dan dinding. Sehingga, dapur menjadi lebih hidup dan menarik.

Fungsi dari kabinet dapur lebih dari sekedar lemari penyimpanan. Perabot ini digunakan sebagai meja kompor, wastafel, dan lainnya. Sebagai tempat penyimpanan, furniture ini memberikan ruang dengan ukuran bervariasi. Sehingga, semua kebutuhan dapat disimpan di sini dan membuat dapur menjadi lebih rapi. Tetapi, furniture ini membutuhkan pengawetan kayu dari jamur tempe yang gemar merusak tampilan.

Metode Pengawetan Kayu dari Jamur Tempe pada Tahap Finishing

Sejatinya, dapur ialah tempat paling kotor daripada bagian rumah lainnya. Tempat ini akan penuh dengan minyak, bahan sisa memasak, peralatan kotor, dll. Jika tidak dibersihkan pastinya membuat ruangan ini menjadi buruk untuk kabinet dapur. Dengan demikian, dapur harus dibersihkan segera setelah kegiatan memasak selesai. Malas membersihkan dapur akan membuat jamur mudah tumbuh dan merusak pemandangan.

Jamur tempe ialah jenis jamur penyerangan permukaan kayu yang berwarna putih. Organisme ini memang tidak merusak jaringan kayu tetapi membuat penampilan kabinet dapur menjadi jelek dan menjijikkan. Proses pencegahan jamur ini dapat dilakukan sebelum proses produksi. Industry mebel dapat melakukan pengawetan kayu dari jamur tempe pada saat finishing.

biocide anti jamur dan lumut

Teknik tersebut dapat menggunakan BioCide Surface Film Preservative yang dicampurkan pada bahan finishing water-based. Kemudian, larutan film tersebut dioleskan pada kayu dengan kuas atau spray. Obat pengawet kayu ini sangat efektif untuk mencegah munculnya jamur permukaan pada furniture. Produk ini merupakan kombinasi bahan aktif anti jamur anti lumut dan anti micro-organisme berbentuk cairan suspensi yang mudah dipompa dan dicampur dengan plester, cat atau coating berbasis air (water based system) untuk memberikan perlindungan optimal pada permukaan lapisan.

Pencegahan Jamur Tempe di Kabinet Dapur dengan Silica Gel Natural

Mencegah jamur permukaan kayu tidak hanya berhenti sampai pada tahap finishing. Proses tersebut harus dilanjutkan sampai di tangan konsumen. Industry mebel dapat menyisipkan Silica gel natural untuk perabot dapur ini. Produk ini dapat mencegah timbulnya jamur tempe karena kelembaban ruangan yang berlebihan. Silica gel natural merupakan produk penyerap kelembaban yang sudah food grade.

silica gel food grade

Food grade merupakan jenis golongan atau materi dinyatakan aman untuk makanan maupun manusia. Benda dengan kualitas food grade tidak akan mens-transfer zat berbahaya terhadap kesehatan. Kriteria ini pasti sangat penting mengingat kabinet dapur adalah tempat penyimpanan makanan yang utama. Kesimpulannya, metode pengawetan kayu dari jamur tempe di kabinet dapur tersebut lebih aman dan praktis.

alterntif text

Leave a Reply