Pengawet Kayu Karet Anti Jamur Blue Stain dengan Sistem Rendam

0
175

Sistem pengawet kayu karet yang sangat efektif ialah dengan cara direndam. Tujuannya untuk mencegah serangan jamur blue stain dan serangga pemakan kayu.

bahan-pengawet-kayu-karet

Kayu karet digunakan oleh industry untuk membuat peralatan dapur. Sebagai contoh, peralatan masak, tatakan pisau, top table kitchen set (countertop), hingga kursi makan. Umur kayu karet yang bagus untuk furniture sekitar 25 tahun. Pada umur ini, tumbuhan tersebut sudah tidak mengeluarkan getah (latex) lagi.  Tujuan utama budidaya karet memang untuk dimanfaatkan getahnya. Jika sudah tidak produktif lagi, maka pohon tersebut harus ditebang dan diganti dengan yang baru.

Tetapi, penanganan kayu karet harus dalam waktu yang tepat dan berhati-hati. Bahan baku yang memiliki nama latin Hevea Brasiliensis ini rawan terhadap jamur blue stain. Selain itu, rubber wood (nama lainnya) ini juga rentan terhadap serangan serangga. Pengawetan jenis kayu ini harus menggunakan bahan kimia. Namun, pemilihan bahan pengawet kayu karet tidak boleh sembarangan. Jangan sampai produk tersebut membahayakan pengguna dan lingkungan sekitar.

Memberikan Obat Pengawet Kayu Karet pada Proses Perendaman

kayu-karet-1

Kriteria bahan pengawet kayu karet yang bagus bukan dilihat dari harganya. Namun, hal ini ditentukan oleh seberapa besar dampak buruknya terhadap organisme lain. Manusia seringkali terkena dampak dari penggunaan bahan kimia yang tidak tepat. Misalnya, mereka terkena iritasi ringan pada anggota tubuh mereka saat menggunakannya. Beberapa produk ternyata juga tidak bersahabat terhadap lingkungan sekitar. Lebih parahnya, efek tersebut timbul setelah melewati masa yang lama.

Perkenalkan produk anti jamur blue stain yang cocok untuk kayu karet. BioCide Wood Fungicide juga efektif untuk jamur white stain and black stain. Aplikasi dari produk ini bisa diberikan mulai dari kayu log sampai pada tahap perendaman. Menariknya, obat ini bisa kombinasikan dengan produk anti serangga. Pemberian obat secara bersamaan tentunya akan menghemat waktu. BioCide Insecticide adalah bahan pengawet kayu anti serangga. Kelebihannya tidak hanya efektif membasmi satu jenis serangga perusak kayu.

Menambahkan Obat Pengawet Kayu Karet Anti Jamur Permukaan

Jamur blue stain memang musuh utama kayu karet. Tetapi, bahan baku ini tidak menutup kemungkinan akan terserang jenis jamur lainnya. Jamur putih atau jamur tempe ialah hama perusak tampilan kayu. Organisme ini bisa dicegah dengan BioCide Surface Film Preservative. Penggunaannya dilakukan pada proses finishing kayu tapi bahan ini hanya bisa diberikan pada produk cat dan coating water based.

alterntif text

Leave a Reply