Mengawetkan Kayu Karet dari Jamur: Masih berani pakai Borax?

0
135

Mengawetkan kayu karet yang terkenal sejak jaman dahulu ialah menggunakan borax. Tetapi, apakah bahan pengawet kayu tersebut memang aman digunakan?

kayu-karet

Pemanfaatan kayu karet untuk furniture dilakukan pada pohon yang sudah berumur 25 tahun. Pada usia ini, tumbuhan tersebut sudah tidak menghasilkan getah kembali. Sehingga, pohon ini memang harus ditebang untuk digantikan dengan yang baru. Selain furniture, kayu karet diambil untuk membuat peralatan memasak. Misalnya, talenan, tatakan piring, tatakan pisau, top table meja dapur, dll.

Dengan demikian, kegunaan rubber wood ini sangat dekat dengan manusia dan makanan. Oleh karena itu, bahan pengawet kayu yang digunakan harus lebih ramah lingkunga. Sehingga, alat yang digunakan untuk menyajikan atau mengolah makanan tidak menstransfer zat berbahaya. Dahulu, kebanyakan produsen mebel mengawetkan kayu karet dengan borak. Namun, penggunaan bahan kimia tersebut sudah dilarang oleh pemerintah karena tidak aman.

Bahaya Mengawetkan Kayu Karet dengan Borax

borak

Mengawetkan kayu dengan borax dikenal ampuh mengatasi jamur dan serangga. Akan tetapi, campuran garam mineral berkonsentrasi tinggi ini mengancam kesehatan manusia. Berikut bahaya borak yang sering menyerang kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang:

  1. Pingsan
  2. Gangguan otak, hati, dan ginjal
  3. Menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), hingga koma
  4. Merangsang system saraf pusat
  5. Menimbulkan depresi, apatis, sianosis
  6. Penurunan tekanan darah
  7. Kerusakan ginjal
  8. Kematian

Borak tidak selamanya berdampak buruk karena tubuh manusia juga membutuhkan zat ini. Namun, tidak ada yang bisa menjamin seberapa jauh tingkat aman pada penggunaan borak. Oleh karena itu, penggunaan borak sangat dibatasi dan dilarang untuk bidang-bidang tertentu. Pelarangan tersebut juga menyangkut pada industri pengolahan kayu. Lebih baik memilih produk yang jelas kualitasnya ( aman dan ramah lingkungan).

Mengawetkan Kayu Karet dari Jamur dengan BioCide Wood Fungicide

 

Salah satu ancaman kerusakan kayu karet disebabkan oleh jamur substrat. Blue stain, white stain, dan black stain menyerang kayu karet sampai pada struktur jaringannya. Obat anti jamur yang dapat digunakan ialah BioCide Wood Fungicide. Produk berbahan methylene bis tiosianate dan 2-thiocyanomethyl bis thiobenzothiazole ini mudah diaplikasikan. Penggunaannya dapat dimulai dari kayu log sampai saat finishing.

biocide anti jamur

BioCide Wood Fungicide juga efektif untuk media lainnya. Misalnya rotan, serat alam, bambu, dll.  Selain jamur perusak struktur kayu, ada pula jamur putih perusak tampilan kayu. Hama ini dapat dicegah dengan BioCide Surface Film Preservative. Untuk mengantisipasi serangan serangga, pilih produk BioCide Insecticide. Produk-produk tersebut jauh lebih aman dibandingkan dengan borak.

Mengawetkan kayu karet hanyalah awal dari sebuah proses produksi. Langkah selanjutnya ialah diolah dengan lem kayu dan bahan finishing. Lem kayu yang cocok untuk karet ialah Crossbond X 3 karena tumbuhan ini tergolong jenis kayu lunak. Sementara itu, produk finishing dapat menggunakan BioColours Biovarnish dan Orchid Enamel Paint. Kelebihan dari produk-produk tersebut ialah aman dan ramah lingkungan.

alterntif text

Leave a Reply