Ini Dia Pengawet Kayu Mahoni untuk Furniture Anti Rayap! Yakin Aman?

0
2260

Produk pengawet kayu mahoni adalah BioCide Insecticide. Bahan baku furniture ini sangat rentan terhadap serangan rayap.

Mahoni ialah salah satu tumbuhan yang hanya tumbuh didaerah tropis. Di Indonesia, pohon ini banyak dibudidayakan karena memiliki nilai komersil yang tinggi. Sama seperti jenis kayu lainnya, mahoni digunakan sebagai bahan baku furniture. Tetapi, jenis tumbuhan ini sangat rentan terhadap serangan serangga terutama rayap. Sehingga, penempatan furniture dari bahan baku ini tidak boleh bersentuhan langsung dengan tanah.

mahoni-1

Daya tahan kayu mahoni masih berada di bawah kayu jati. Oleh karena itu, penanganan pohon ini harus teliti dan hati-hati. Dari penjelasan di atas, obat pengawet kayu mahoni yang paling butuhkan ialah produk anti serangga. Karena kegunaan kayu ini untuk furniture, maka pemilihan obat tidak boleh sembarangan. Ciri bahan treatment kayu yang baik  ialah sudah ramah lingkungan.

Sifat Kayu Mahoni yang membuat Produsen Kayu Jatuh Cinta

rayap

Masalah utama dari kerusakan kayu mahoni sudah jelas. Dengan demikian, solusi untuk mengatasinya juga tidak sulit untuk ditemukan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang bahan pengawet kayu mahoni, ada baiknya Kita mengetahui alas an mengapa banyak industry mebel menyukai bahan baku ini. Persediaan kayu mahoni baik di pulau Jawa maupun lainnya sangat banyak. Bahkan, persediaan tersebut masih berupa tumbuhan hidup dan potongan-potongan kayu.

Adapun alasan lain yang diambil dari sifat kayu mahoni:

  1. Kayu mahoni mudah dipotong atau diproses.
  2. Memiliki masa pertumbuhan cepat (7-15 tahun).
  3. Warna teras atau tengah kayu yaitu merah muda sampai merah tua (mirip kayu jati). Sedangakan, warna gubal kayu (tepi) selalu putih.
  4. Memiliki serat yang lurus dan terpadu.
  5. Memiliki tekstur kayu yang halus dan berpori-pori kecil.

Bahan Pengawet Kayu Mahoni BioCide Insecticide untuk Anti Rayap

 

Produk anti rayap yang bagus untuk kayu mahoni ialah BioCide Insecticide. Bahan treatment kayu ini mengandung Permethrine 125 EC. Kefektifan produk ini tidak hanya berkerja baik pada rayap. Jenis serangga lain seperti teter, kumbang bubuk, nyamuk, kecoa, dll juga dapat dicegah dengan obat ini. BioCide Insecticide juga dapat diaplikasikan pada media lain misalnya bambu, rotan, serat kayu, dll.

dscf0348

Aplikasi BioCide Insecticide diberikan pada kayu log dan sawn timber (perendaman). Produk ini juga dapat diberikan pada saat proses finishing kayu. Namun, pemberian ini sifatnya opsional atau bila perlu. Selama proses pengawetan kayu, bahan ini juga dapat dicampur dengan produk anti jamur BioCide Wood Fungicide. Obat ini juga perlu diberikan untuk mengantisipasi serangan jamur perusak jaringan kayu. Sebagai contoh; jamur blue stain, white stain, black stain, dll.

Pada saat proses finishing, bahan coating water based Anda bisa dicampur dengan BioCide  surface Film Presevative. Tujuan dari bahan pengawet kayu mahoni ini untuk mencegah tumbuhnya jamur putih atau jamur tempe. Organisme tersebut menyebabkan kerusakan pada tampilan kayu. Hal yang paling penting ialah produk-produk tersebut lebih aman dan ramah lingkungan.

alterntif text

Leave a Reply