Trik Menghilangkan Jamur Putih di Lemari yang Efektif dan Aman

0
86

Trik menghilangkan jamur putih di lemari bisa dibilang sangat mudah. Namun, kenali dulu jenis jamur perusak kayu tersebut.

Keberadaan lemari dalam sebuah rumah sangat penting untuk berbagai kebutuhan. Perabot ini digunakan untuk menyimpan pakaian, makanan, hiasan, atau lainnya. Tetapi, perlu diketahui bahwa lemari di dalam ruangan sangat rentan terhadap jamur. Kelembaban ruangan membuat jamur mudah tumbuh pada lemari atau perabot lain. Jenis jamur yang biasa menyerang ialah jamur putih dan menimbulkan berbagai kerusakan. Trik menghilangkan jamur putih di lemari tidak bisa langsung menunjuk obat atau produk tersebut. Alangkah baiknya jika organisme tersebut diketahui dahulu jenisnya.

trik menghilangkan jamur putih di lemari

Jamur putih yang biasa merusak kayu dikategorikan dalam dua jenis. White stain merupakan jamur berwarna putih yang merusak tampilan dan struktur kayu. Kemudian, ada jamur permukaan atau jamur tempe yang memiliki warna yang sama. Akan tetapi, hama ini hanya merusak tampilan kayu dan sekilas mudah untuk dibersihkan. Ciri dari jenis jamur ini bisa dibersihkan dengan kain tapi akan muncul lagi selang beberapa waktu berikutnya.

Trik Menghilangkan Jamur putih di Lemari dengan Produk Ramah Lingkungan

biocide anti jamur

Trik menghilangkan jamur putih di lemari yang pertama ialah dengan menganalisa jenisnya. Setelah mengetahui jenis jamur putih yang menyerang, langkah selanjutnya ialah mencari obat yang tepat. Pertumbuhan jamur white stain dapat dicegah dengan produk BioCide Wood Fungicide. Sementara itu, jamur permukaan dapat menggunakan BioCide Surface Film Preservative. Kedua bahan pengawet kayu tersebut dikenal lebih aman dan ramah lingkungan. Obat anti jamur ini dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti kayu, bambu, serat alam, rotan, dll.

biocide anti jamur dan lumut

BioCide Wood Fungicide dapat digunakan pada tahap awal treatment kayu. Produk ini artinya dapat digunakan pada kayu log dan sawn timber. Kemudian, untuk obat anti jamur permukaan diberikan pada saat proses finishing kayu. BioCide Surface Film Preservative dilarutkan pada bahan finishing kayu water based. Selanjutnya, proses aplikasi dilakukan dengan kuas, oles, ataupun spray.

Mencegah Timbulnya Jamur Putih pada Lemari dengan Silica Gel

silica gel
Silica gel

Produk ramah lingkungan lainnya untuk mencegah jamur ialah silica gel. Bahan kimia ini bekerja dengan menyerap kelembaban suatu ruangan, perabot, maupun kemasan produk. Berbagai jenis jamur pastinya tidak akan muncul jika kondisi kelembaban ruangannya terkontrol. Silica gel yang direkomendasikan untuk almari, perabot lain, atau ruangan adalah jenis silica gel food grade. Sehingga bahan tersebut tidak menstranfer zat berbahaya terhadap makanan dan manusia.

Kesimpulannya, ada 3 trik mudah menghilangkan jamur putih di lemari. Trik tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai media dan mencegah serangan jamur. Langkah menghilangkan jamur bukan pada saat hama tersebut menyerang. Tetapi, lebih sebelum jamur tersebut tumbuh. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

alterntif text

Leave a Reply