Menguji Keefektifan Obat Pembasmi Serangga Perusak Kayu dengan Berbagai Metode pengawetan Kayu

0
286

Obat pembasmi serangga perusak kayu sangat dibutuhkan guna memperlancar proses pengawetan. Adakah produk anti serangga yang efektif dan multi fungsi?

obat pembasmi serangga perusak kayu
kumbang perusak kayu

Kerusakan kayu akibat serangga lebih buruk dibandingkan dengan jamur. Biasanya, furniture yang terserang rayap atau thothor sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Jenis serangga perusak kayu lebih dari dua jenis. Tetapi ada kumbang bubuk kering, kumbang bubuk basah, dan lain sebagainya. Penanganan hama itu tidak bisa dilakukan secara singkat. Selain itu, harus ada obat pembasmi serangga perusak kayu yang cocok.

Proses panjang pengawetan kayu dimulai dari fase penebangan. Menebang pohon harus berdasarkan pada umur, masa, dan teknik. Umur kayu yang sudah cukup atau tua memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Tingkat paling rendah nutrisi kayu juga terdapat pada pohon di akhir musim kemarau. Kemudian, teknik penebangan setelah pohon tumbang ialah dengan mengupas kulit kayu. Sehingga, akar tidak mentransfer nutrisi ke batang pohon.

Nutrisi kayu sangat dibutuhkan oleh serangga untuk bertahan hidup. Serangga membuat lubang-lubang kecil untuk menaruh telurnya. Telur akan menetas menjadi larva dan mulai melakukan pengrusakan jaringan kayu. Selain untuk mencari makanan, kayu digunakan Sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, kumbang dapat kembali lagi jika kondisi kayu masih memungkinkan.

Berbagai Metode Pengawetan Kayu dari Ancaman Serangga

Runtutan pengawetan kayu tidak berakhir pada tahap penebangan. Treatment ini dilanjutkan ke tahap log, sawn timber, penyimpanan, sampai proses finishing. Namun, proses finishing biasanya ditujukan untuk pencegahan jamur permukaan. Kayu gelondongan di beri obat anti serangga dengan cara dikuas, oles, ataupun celup. Jenis bahan kayu ini juga bisa dilakukan treatment dengan sistem rendam.

Akan tetapi, proses perendaman lebih di anjurkan untuk kayu gergajian. Waktu perendaman berkisar 30-60 menit. Jika waktu yang diberikan kurang dari setengah jam,pengawetan ini belum termasuk rendam tetapi celup. Baik pencelupan maupun perendaman, obat pembasmi serangga perusak kayu yang digunakan juga sama. Pada proses ini, produk anti serangga bisa dicampur dengan obat anti jamur jenis blue stain.

Obat Pembasmi Serangga Perusak kayu Seperti Apa yang Cocok?

Bahan pengawet kayu anti serangga, jamur, maupun lainnya pasti menggunakan zat kimia. Jadi, harus selektif dalam memilih produk sehingga apa yang Anda lakukan tidak merugikan pihak lain. Oleh karena itu, jangan mengambil obat dari satu pertimbangan saja, misalnya efektif. Produk tersebut harus diimbangi dengan seberapa jauh efek negative yang ditimbulkan.

biocide anti serangga
BioCide Insecticide

BioCide Insecticide adalah obat pembasmi serangga perusak kayu yang cocok. Obat ini relative lebih aman dan ramah lingkungan. Penggunaannya bisa dilakukan dengan system kuas sampai rendam. Bahan ini juga dapat dilarutkan dengan air dan solvent. Media yang dapat diberi anti serangga ini ialah kayu, bambu, serat alam, dll. Apapun obat yang Anda gunakan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk keamanan dan aturan pakai yang berlaku.

alterntif text

Leave a Reply