Alternative Mengatasi Kutu Bubuk: Manakah Metode yang Paling Tepat?

0
115

Kesadaran akan mengatasi kutu bubuk pada bambu telah dilakukan sejak dulu. Proses treatment ini memang sangat penting mengingat bambu merupakan salah satu bahan penting furniture.

bambu kursi

Akhir-akhir ini, furniture berbahan bambu kembali naik daun. Penampilan furniture yang lebih kreatif  dan harga lebih ekonomis cukup menarik hati masyarakat. Tetapi, ada satu hal yang harus diwaspadai dalam penggunaan bahan bambu. bahan baku ini sangat rentan akan serangan serangga (kutu bubuk). Dengan demikian, harus ada suatu langkah untuk mengatasi kutu bubuk tersebut. Sehingga, furniture yang digunakan tetap berkualitas dan tahan lama.

Kutu bubuk penyerang bambu digolongkan menjadi dua. Hal tersebut didasarkan pada masa kutu atau kumbang datang. Jenis hama yang pertama ialah kutu (kumbang) bubuk basah. Bambu yang diserang oleh serangga ini biasanya masih hidup atau baru saja ditebang. Sebaliknya, kumbang atau kutu bubuk kering menyerang bambu yang sudah kering. Kesimpulannya, keberadaan kutu bubuk pada bambu harus benar-benar diwaspadai

Metode-metode Inspiratif untuk Mengatasi Kutu Bubuk pada Bambu

Sebelum membahas tentang tahap mengatasi kutu bubuk, perlu diketahui alasan serangga menyerang bambu. Tumbuhan yang berumpun ini merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki kadar air sangat tinggi. Sehingga, bambu juga memiliki banyak nutrisi makanan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Sementara itu, bambu kering digunakan oleh serangga untuk berhabitat.

bambu

Metode untuk mencegah kutu bubuk dapat dilakukan dengan lebih dari satu cara. Pertama, jangan memilih bambu yang terlalu kering atau terlalu basah. Kemudian, mempengaruhi kimia-fisika substrat bambu, insecticide injection, dan lapisan insecticide permukaan. Berikut penjelasan dari teknik atau metode pengawetan bambu.

Mempengaruhi kimia-fisika substrat kayu (bambu)

Tahap treatment bambu ini dilakukan untuk mengurangi kadar nutrisi. Metode diharapkan dapat mengurangi serangan kutu bubuk pada bambu. Proses tersebut biasanya dilakukan dengan sistem perendaman air mengalir, perendaman air garam, perebusan, dan pengawasan. Teknik tersebut dinilai lebih murah tapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Insecticide Injection

Proses pengawetan bambu dilakukan dengan system penyuntikan obat anti serangga kedalam serat bambu. Akan tetapi, langkah ini memakan biaya sangat mahal baik secara investasi maupun biaya operasional.

Lapisan Insecticide Permukaan (LIP)

Metode pengawetan bambu ini dinilai sangat efektif dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya. Proses treatment tersebut dilakukan dengan memanfaatkan prduk anti serangga, pinhole, serta siklus hidup kutu bubuk. Sistem (LIP) memiliki prinsip dengan membuat lapisan insecticide racun kontak pada permukaan substrat bambu. Serangga yang menyentuh permukaan bambu akan mati sebelum bertelur. Jika sudah terlanjur bertelur, maka larva yang menetas nanti akan mati.

biocide anti serangga
BioCide Insecticide

Itulah beberapa saran dan ide dalam mengatasi kutu bubuk pada bambu. Untuk produk anti serangga, dapat menggunakan BioCide Insectide. Bahan pengawet kayu, bambu, dan material lainnya ini memiliki kemasan 100 gram. Bahan aktif dari BioCide Insecticide ialah Permethrine 125 Ec. Harga dari produk ini Rp. 100.000,- tetapi hal yang paling penting ialah produk ini relative lebih ramah lingkungan.

alterntif text

Leave a Reply