Membidik Metode Terbaik untuk Mengawetkan Kayu Kusen

0
357

Mengawetkan kayu kusen ternyata penting untuk dilakukan. Bagian dari struktur bangunan dapat dijaga keawetannya melalui dua metode yang mudah dilakukan.

Tidak ada bangunan yang tidak memiliki kusen. Kerangka yang dapat dibuat dari kayu maupun metal ini tidak bisa lepas dari pintu dan jendela. Kusen yang dibuat dari kayu telah ada sejak berabad-abad lamanya. Jenis kerangka ini masih disukai oleh masyarakat karena lebih mudah didapat dan dipasang. Namun ternyata, struktur bangunan ini sering terabaikan kualitasnya. Industri pengolahan kayu tidak mengawetkan kayu kusen karena perannya yang tidak sepenting dari furniture.

kusen kayu cantik

Jenis kayu yang digunakan untuk kusen sama dengan furniture. Sehingga, tidak ada alasan untuk mengabaikan struktur bangunan itu. Kusen yang tidak melalui proses treatment kayu pasti mudah terserang berbagai hama (serangga dan jamur). Hal ini akan membuat industry kayu rugi besar dan konsumen merasa kecewa. Metode pengawetan kayu untuk kusen ternyata ada dua jenis dan mudah untuk dilakukan.

Mengawetkan Kayu Kusen dengan Metode Tradisional dan Modern

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf di atas, ada dua metode dalam mengawetkan kayu kusen. Metode tersebut dikenal sebagai cara tradisional dan modern. Sistem pengawetan tradisional sangat mudah dilakukan dan lebih murah. Ada 3 cara yang diberikan oleh pengawetan kayu ini yaitu direndam, diasap, hingga ditanam dalam lumpur. Ternyata cara ini tidak efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur dan masa aktifnya hanya sebentar.

mengawetkan kayu kusen

Sementara itu, metode yang kedua (modern) membutuhkan bahan pengawet kayu. Pengawetan kayu dengan cara modern dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kayu dapat dikuas, direndam, disemprot, dan divakum dengan menggunakan obat. Langkah treatment ini ternyata mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mereka menganggap metode ini lebih efektif dan praktis. Masa aktif obat membuat kayu untuk kusen tahan lama sampai bertahun-tahun.

Memilih Jenis Produk Bahan Pengawet dengan Tingkat Bahaya Lebih Rendah

Bahan pengawet untuk kayu sangat beragam dengan harga yang bervariasi. Metode mengawetkan kayu dengan cara modern dapat menggunakan borax, solar, oli bekas,dll. Namun, bahan-bahan tersebut sangat tidak aman bagi manusia dan lingkungan. Bahan pengawet tersebut menimbulkan berbagai penyakit dan kerusakan alam. Oleh karena itu, diperlukan obat yang tepat pengganti minyak dan bahan kimia di atas.

Mengawetkan kayu kusen dari jamur dapat menggunakan Biocide Anti Jamur. Sedangkan Biocide Anti Serangga dapat digunakan untuk mencegah rayap, kumbang bunuk, thothor, dll. Obat pengawet kayu tersebut relative lebih aman dan efektif.

alterntif text

Leave a Reply