Silica Gel Food Grade, Penyerap Kelembaban yang Aman bagi Makanan

0
550

Silica gel food grade merupakan produk penyerap kelembaban udara yang sering digunakan pada kemasan makanan kering. Produk ini menggunakan bahan yang tidak membahayakan manusia.

Silica gel biasanya disisipkan ke dalam kemasan produk, termasuk produk makanan kering dan obat-obatan. Fungsi dari benda kecil tersebut digunakan sebagai pengontrol kelembaban. Di sisi lain, fungsi dari silica gel ialah membantu mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, korosi, dan oksidasi.

Ciri-ciri Silica Gel Food Grade untuk Kemasan Produk

silica gel food grade 4

Silica gel yang saat ini beredar di pasaran ada beberapa jenis, diantaranya silica gel natural, silica gel putih, serta silica gel biru. Saat ini silica gel biru penggunaannya terbatas hanya pada industri permesinan dan listrik. Jenis silica gel ini tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal ini disebabkan oleh kandungan cobalt chloride yang bersifat karsinogenik (kanker). Sementara itu, produk-produk kemasan yang bersinggungan dengan manusia menggunakan silica gel food grade.

Food Grade adalah suatu istilah untuk menjelaskan golongan material yang layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan ataupun peralatan yang bersinggungan langsung dengan makanan. Suatu material dianggap Food Grade apabila material tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya/beracun ke makanan.

silica gel food grade 2

Silica gel food grade memiliki ciri-ciri khusus yang mudah untuk dikenali. Jenis penyerap kelembapan ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti cobalt choride. Sehingga, produk ini termasuk ramah lingkungan dan tidak menimbulkan berbagai penyakit. Sifat dari bahan penyerap kelembaban ini tidak berbau, tidak beracun, tidak berasa, tidak mudah terbakar, dan juga hydrophilic aktif (menyerap molekul air di udara).

Dari ketiga jenis silica gel di atas, jenis produk silica gel food grade ialah silica gel natural. Fungsi dari produk tersebut ialah menyerap kelembaban udara yang berlebih, menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri, mencegah proses oksidasi dan mencegah hubungan arus pendek pada barang elektronik semi konduktor. Selain digunakan pada produk makanan, silica gel natural juga digunakan pada kemasan obat-obatan farmasi, alat musik, tas, dompet, rak buku, barang micro konduktor, dll.

Membeli produk silica gel food grade tidak sulit. Anda bisa mendapatkan silica gel putih dan silica gel natural di Bio Industries, dengan menghubungi customer service Bio Industries di no 0878 3934 6433 (sms, phone, wa). Semoga bermanfaat.

alterntif text

Leave a Reply