Ini Dia 10 Kayu Termahal di Dunia

0
535

Apa saja 10 kayu termahal di dunia? Sebagai material yang banyak dimanfaatkan oleh manusia, harga komoditas kayu memang amat bervariasi. Tak mengherankan bila kemudian harga jenis-jenis kayu saling berkompetisi satu sama lain. Kekuatan dan keindahan menjadi dua faktor yang berpengaruh terhadap harga jual kayu. Berikut ini 10 kayu termahal di dunia.

10 Kayu Termahal di Dunia

Berikut ini daftar kayu-kayu dengan harga paling fantastis:

  1. Pink Ivory

kAYU TERMAHAL DI DUNIA
PINK IVORY

Pink Ivory atau kadang disebut red ivory adalah jenis kayu yang berasal dari Zimbabwe, Moazambique, dan Afrika Selatan. Kayu ini tergolong berat, padat, dan tampak indah dengan penampakan merah mudanya.

  1. Sandalwood

Sandalwood merupakan salah satu kayu termahal di dunia. Kayu ini memiliki karakter berat, berwarna kekuningan, seratnya halus, dan memiliki aroma wangi.

  1. Agar Wood

Kayu Agar atau agar wood memiliki warna gelap karena getah yang dihasilkannya. Warna asli kayu ini sebenarnya terang, akan tetapi karena infeksi jamur, terjadi respon pertahanan sehingga mengeluarkan getah gelap.

  1. African Black Wood

African black wood memiliki karakter kayu dengan substrat kering. Kayu ini berasal dari Senegal dan beberapa daerah di Afrika bagian selatan.

  1. Bocote

Bocote
Bocote

Bocote merupakan kelompok kayu yang terdiri lebih dari 300 spesies dan banyak ditemukan di wilayah bumi yang hangat.

  1. Ebony

Kayu termahal di dunia selanjutnya ialah ebony. Ebony merupakan kayu yang populer dengan warna hitamnya. Kayu ini termasuk berat dan biasa digunakan sebagai bahan baku alat-alat musik seperti gitar dan piano.

  1. Lignum Vitae

Lignum Vitae adalah kayu yang biasa digunakan dalam industri kuratif. Kayu ini juga biasa dimanfaatkan untuk pembuatan bola kriket. Tak heran harganya tergolong mahal.

  1. Albertina

Albertina merupakan kayu dari tumbuhan yang biasa ditemukan Amerika Tengah dan Utara, Africa, Madagascar, hingga Asia Tenggara.

  1. Bubinga

Bubinga
Bubinga

Bubinga tergolong spesies herbal dari genus Guibourtia. Kayu dari tanaman ini memiliki kekuatan dan keindahan yang menawan.

  1. Purple Heart

Peltogyne atau purple heart aalah kayu yang banyak ditemukan di Amerika Selatan dan tengah. Kayu ini awalnya berwarna coklat tua, tapi setelah agak lama ditebang, berubah menjadi merah muda.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply