Fungisida Spektrum Luas Microcide 100/100 EC

0
124

Ada banyak penyebab kayu rusak. Salah satunya akibat jamur. Karenanya, antisipasi yang tepat harus dilakukan. Penggunaan fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC bisa jadi solusi terbaik.

Fungisida Spektrum Luas Microcide 100/100 EC
Fungisida Spektrum Luas Microcide 100/100 EC

Microcide 100/100 EC adalah anti jamur atau fungisida yang menggunakan bahan aktif methylene-bis-thiocyanate (MBT). Bahan ini memiliki spektrum luas karena merupakan kombinasi anti jamur, anti bakteri, anti yeas, serta anti alga.

Microcide 100/100 EC cocok digunakan pada beragam industri pengolahan kayu dan serat alam seperti furniture dan eceng gondok. Anti jamur ini akan membuat substrat kayu menjadi media yang tak bisa ditumbuhi jamur, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

Fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC sangat baik digunakan u

ntuk mencegah maupun mengatasi masalah-masalah akibat jamur dan bakteri pada industri perkayuan seperti mebel dan serat alam. Bahan aktifnya yang memiliki rumus kimia CH2(SCN)2 tepat diandalkan untuk melindungi kayu dari serangan:

  • Jamur Blue Stain

fungisida spektrum luas microcide 100/100 ec
Close up penampakan jamur blue stain secara mikroskopis

Jamur blue stain adalah salah satu jenis jamur penyebab nilai jual kayu turun drastis. Blue stain fungus bersifat mikroskopis dan hidup di antara jaringan sel kayu. Meski tak menyebabkan kayu lapuk, namun serangan jamur ini dapat mengakibatkan cacat warna. Cacat warna inilah yang membuat nilai jual kayu menurun. Jenis kayu yang biasa diserang jamur ini adalah kayu bergetah seperti pinus dan karet. Dengan Microcide 100/100 EC, hal ini dapat dihindari karena fungisida spektrum luas tersebut mampu merusak metabolisme blue stain fungus sehingga tak dapat tumbuh pada kayu.

  • Wood Decay atau Jamur Pelapuk

Selain jamur noda seperti blue stain, ancaman jamur juga dapat terwujud dalam serangan wood decay atau jamur pelapuk. Misalnya jamur pelapuk putih. Ancaman serangan jamur ini berakibat kayu sama sekali tak digunakan. Sebab wood decay akan merusak kayu secara struktural. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda dapat menggunakan fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC. Microcide 100/100 EC akan membasmi jamur yang sudah tumbuh dan mencegah bertunasnya spora yang menempel pada kayu.

  • Bakteri

Meski prosesnya lambat, bakteri tetap merupakan ancaman yang harus diantisipasi. Fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC bisa diandalkan karena bahan aktifnya memang tergolong sebagai kombinasi anti jamur, anti yeast, anti bakteri, serta anti alga.

  • Ancaman Lainnya

Selain bakteri, stain, dan decay fungus, Microcide 100/100 EC juga bisa diandalkan untuk membasmi beragam berbagai organisme perusak kayu lainnya.

Keunggulan fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC adalah sifatnya yang relatif aman digunakan manusia.

Prosedur Pemakaian Fungisida Spektrum Luas Microcide 100/100 EC

Fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC baik digunakan dengan berbagai metode. Berikut ini prosedur pemakaian Microide 100 EC dengan sistem perendaman.

  1. Larutkan fungisida spektrum luas Microcide 100/100 EC menggunakan air atau solvent seperti thinner.
  2. Rendam kayu atau serat alam yang akan ditreatment dalam larutan Microcide 100/100 EC selama kurang lebih lima menit. Keringkan.

Selain dengan teknik perendaman, Microcide 100/100 EC juga bisa diaplikasikan dengan sistem spray maupun kuas. Produk ini juga cocok digunakan dalam treatment anti jamur memanfaatkan sistem vakum tekan.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply