Cara Efektif Mengawetkan Kayu Pinus dengan Permethrine 125 EC

0
243

Aplikasikan cara efektif mengawetkan kayu pinus dengan insektisida ampuh berspektrum luas. Sebagai kelompok kayu bergetah, pinus memang rentan terserang berbagai hama kayu dari kelompok serangga.

Aplikasikan cara efektif mengawetkan kayu pinus untuk pertahankan keindahan dan kekuatannya.
Aplikasikan cara efektif mengawetkan kayu pinus untuk pertahankan keindahan dan kekuatannya.

Secara ilmiah, pinus mengacu pada sekelompok tanaman yang berada pada genus Pinus. Kelompok tumbuhan ini memiliki banyak manfaat di berbagai bidang. Salah satunya sebagai bahan pembuat mebel. Kayu pinus sering dicari karena selain murah, kekuatan dan estetikanya cukup menarik.

Meski demikian, penggunaan kayu pinus sebagai material produk buatan manusia sebenarnya cukup riskan. Kayu pinus sangat rentan diserang berbagai hama. Bila tidak ditangani hati-hati, bisa saja material tersebut rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Untuk menghindari kerusakan kayu pinus, akan lebih baik bila diaplikasikan treatment pengawetan kayu menggunakan insektisida. Penggunaan insektisida akan mampu mencegah berbagai hama dari kelompok insekta tumbuh. Misalnya rayap. Sebab, kerusakan akibat insekta cenderung membahayakan. Berbeda dengan jenis jamur noda, serangan serangga akan mengakibatkan kerusakan struktural maupun estetika.

Permethrine 125 EC untuk Aplikasi Cara Efektif Mengawetkan Kayu Pinus

Aplikasi treatment pengawetan kayu memegang peranan kunci terhadap lama pakai kayu pinus. Sebab sebagaimana yang disebut di atas, kerusakan pinus akibat serangan serangga bisa dicegah dengan treatment kayu yang bagus. Namun demikian, aplikasi treatment tersebut tentu perlu didukung penggunaan insektisida ampuh.

Permethrine 125 EC merupakan insektisida racun kontak lambung dengan spektrum organisme target luas. Produk ini bisa digunakan sebagai pengawet bambu, kertas, rotan, hingga kayu seperti pinus. Insektisida ini sangat efektif memberikan proteksi pada kayu pinus karena bersifat neurotoxic. Meski demikian, insektisida ini relatif aman pada manusia.  Permethrine hanya bersifat toksik bila paparannya terjadi dalam dosis tinggi.

Berikut ini akan dijelakan 2 cara efektif mengawetkan kayu pinus dengan Permethrine 125 EC.

  • Treatment Pengawetan Kayu dengan Sistem Vacuum Tekan

  1. Larutkan Permethrine dengan kadar sesuai petunjuk pemakaian menggunakan air bersih dengan pH netral atau solvent
  2. Masukan larutan ke dalam tabung treatment dan operasikan mesin vacum tekan. Masukkan kayu dan atur tekanan maupun kehampaan ruang tangki agar bahan pengawet terpenetrasi dalam substrat kayu.
  • Pengawetan Kayu dengan Sistem Perendaman

  1. Larutkan Permethrine dengan kadar sesuai petunjuk pemakaian menggunakan air bersih dengan pH netral atau solvent
  2. Rendam kayu dengan larutan Permenthrine 125 EC tersebut hinggakurang lebih 30 menit. Lama perendaman tergantung sifat porositas sertajenis kayu. Makin lama perendaman, maka makin dalam penetrasi obat pengawet yang digunakan.
  3. Keringkan kayu hingga mencapai kelembaban kayu nisbi atau MC kayu standar industri.

Demikian cara efektif mengawetkan kayu pinus menggunakan Permethrine 125 EC. Semoga bermanfaat!

alterntif text

Leave a Reply