Beragam Jenis Jamur Blue Stain dan Cara Pencegahannya

0
107

Ada banyak jenis jamur blue stain yang terkenal dengan kerusakan estetika yang ia timbulkan. Ketahui jenis-jenis jamur blue stain dan cara pencegahan yang paling tepat.

Penampakan salah satu jenis jamur blue stain pada kayu.
Penampakan salah satu jenis jamur blue stain pada kayu.

Jamur adalah organisme yang sering ditemukan bersifat destruktif pada kayu. Berdasarkan jenis kerusakan yang ditimbulkan pada kayu, setidaknya terdapat dua jenis jamur, yaitu:

  1. Jamur Decay. Jamur decay atau jamur pembusuk.adalah jenis jamur yang bisa menyebabkan kayu-kayu membusuk. Jenis jamur seperti ini akan membuat kayu rusak baik secara fungsional maupun estetika.
  2. Jamur Stain. Jamur stain atau jamur pewarna (noda) adalah jamur yang bisa menimbulkan warna baru pada kayu. Biasanya, jamur stain tidak membuat kekokohan kayu berkurang. Kayu yang terserang jamur ini hanya akan rusak secara estetika.

Salah satu kelompok jamur stain yang sering menyerang kayu adalah jamur blue stain. Berbeda dengan warnanya yang mengindikasikan pewarnaan biru, kemunculan jamur blue stain kadang bisa terwujud dalam warna-warna lain seperti abu-abu. Apalagi, jenis jamur blue stain sebenarnya sangat bervariasi. Ada banyak spesies yang tergolong dalam kelompok jenis jamur blue stain. Bahkan kelolmpok jamur ini sangat beragam pada tingkat genus atau tingkat klasifikasi di atas spesies.

Macam-macam Jenis Jamur Blue Stain

Berikut ini beberapa kelompok genus jamur yang termasuk sebagai jenis jamur blue stain;

  1. Endoconidiophora
  2. Ophiostoma
  3. Cladophora
  4. Diplodia
  5. Sphaeropsis
  6. Trichosporium
  7. Cytosphora
  8. Curvularia
  9. Ceratocystis dari famili
  10. Ascomycetes
  11. Alternaria
  12. Botryodiplodia
  13. Discula
  14. Graphium
  15. Hormodendrum
  16. Hormorema
  17. Leptographium
  18. Scherophoma

Setiap genus jamur di atas jelas memiliki karakternya masing-masing. Meskipun demikian, jenis serangan jamur blue stain memiliki kekhasan tersendiri.

Untuk membedakan apakah serangan pada kayu Anda disebabkan jamur blue stain atau bukan, cara kasarnya cukup sederhana. Gosoklah bagian berjamur pada kayu Anda. Bila jamur tersebut hilang, maka ia bukan jamur blue stain. Sebab, jamur blue stain terpenetrasi dan hidup di antara jaringan kayu dengan ukuran mikroskopisnya. Untuk menghilangkan jenis jamur blue stain, Anda juga harus menghilangkan jaringan kayu yang sudah terinfeksi.

Menghindari Kerusakan akibat Jamur Blue Stain

Microcide
Microcide 100 EC

Karena mengatasi kayu yang sudah terinfeksi jenis jamur blue stain tidak bisa dilakukan, akan lebih baik bila Anda mencegah serangan jamur ini saja. Untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan jamur blue stain, sebaiknya lakukan pencegahan dengan sistem treatment anti jamur. Kami merekomendasikan Anda menggunakan Microcide 100 EC dalam treatment anti jamur tersebut. Microcide sangat efektif digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur blue stain pada kayu. Selain itu, produk tersebut juga relatif terjangkau dan aman karena tidak membahayakan saat kontak dengan manusia.

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Biocide, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

alterntif text

Leave a Reply