Cara Mencegah Serangan Jamur Blue Stain

0
88

Bagaimana cara mencegah serangan jamur blue stain? Serangan jamur ini memang tidak membuat kayu berkurang kekokohannya. Namun demikian, kerugian yang ditimbulkan tetap bisa besar.

Aplikasikan cara mencegah serangan jamur blue stain yang baik.
Aplikasikan cara mencegah serangan jamur blue stain yang baik.

Serangan jamur blue stain merupakan salah satu serangan pada kayu yang menjadi momok bagi para produsen kayu. Jamur ini memang tidak akan membuat kayu busuk. Jamur blue stain pun tidak akan membuat kayu keropos dan berkurang kekokohannya. Hanya saja, jenis jamur ini akan menimbulkan cacat warna. Akibatnya, kayu yang terinfeksi jenis jamur ini bisa ditolak pasar pengolahan kayu yang mengedepankan estetika seperti mainan kayu dan furniture. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

WA 250
WA 250

Jamur blue stain adalah jamur mikroskopis yang terpenetrasi ke dalam substrat kayu. Ia tidak bisa hilang dengan cara mekanik seperti pengamplasan. Kalaupun jamur-jamur tersebut bisa dimatikan, untuk menghapus warna bekasnya sangat sulit dilakukan.Produk terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jamur ini adalah White Agent (WA-250). Bleaching kayu tersebut adalah solusi tepat untuk menghindarkan Anda dari kerugian yang lebih jauh.

Oleh karena itulah, untuk menghindari kerusakan akibat jamur blue stain, sebaiknya diaplikasikan cara mencegah serangan jamur blue stain yang tepat.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai aplikasi cara mencegah jamur kayu.

4 Cara Mencegah Serangan Jamur Blue Stain

  1. Membuat Kelembaban Kayu Tak Sesuai dengan Syarat Hidup Jamur Blue Stain

Jamur blue stain tidak akan tumbuh pada kayu yang terlalu kering atau malah yang terlalu basah. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah pertumbuhan jamur ini dengan cara segera mengeringkan kayu log yang baru ditebang atau malah membuatnya sangat basah. Agar proses pengeringan dan pembasahan makin efektif, segera gergaji kayu log yang baru dipanen tersebut.

  1. Mengkondisikan Ruang Penyimpanan Bersih dan Tidak Lembab

Secara umum, jamur blue stain sebagaimana jamur kayu lainnya tidak akan tumbuh pada ruang penyimpanan yang baik. Jadi, pastikan ruang penyimpanan kayu benar-benar bersih dan tidak lembab.

  1. Aplikasi Treatment Anti Jamur

Awetkan kayu Anda sebagai salah satu cara mencegah serangan jamur blue stain. Pilih treatment pengawetan kayu yang sekiranya sesuai dengan kondisi lingkungan dan kualitas serta jenis kayu milik Anda. Misalnya, Anda jelas memerlukan sistem pengawetan kayu yang efektif seperti sistem perendaman dan vakum tekan bila kayu yang perlu Anda awetkan banyak dan tegolong kayu pinus yang sangat rentan terkena serangan jamur blue stain.

  1. Mengawetkan Kayu dengan Bahan Anti Jamur yang Bagus
Microcide
Microcide

Pada treatment pengawetan kayu yang Anda lakukan, gunakan anti jamur yang kualitasnya bagus. Kualitas anti jamur yang bagus akan membuat kayu Anda lebih terproteksi secara efektif dan tahan lama. Kami merekomendasikan Anda menggunakan Microcide 100 EC. Anti jamur tersebut secara khusus diformulasikan untuk mencegah serangan jamur blue stain dan jamur hama kayu pada umumnya.

Demikian beberapa cara mencegah serangan jamur blue stain yang bisa Anda lakukan. Semoga langkah-langkah cara mencegah jamur blue stain yang dipaparkan di atas bermanfaat untuk Anda!

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Microcide 100 EC dan WA-250, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

alterntif text

Leave a Reply