Tips Memilih Cara Mengawetkan Kayu Paling Tepat

0
109

Aplikasikan tips memilih cara mengawetkan kayu yang paling tepat. Gunakan faktor kualitas hasil, dana yang harus dikeluarkan, hingga efektifitas aplikasi cara tersebut.

tips memilih cara mengawetkan kayu
Pilih cara mengawetkan kayu dengan tips memilih cara mengawetkan kayu yang paling tepat.

Treatment pengawetan kayu adalah sebuah tahapan yang bertujuan untuk memproteksi kayu dari berbagai paparan merusak seperti paparan organisme jamur dan serangga. Harapannya, kayu tetap dalam kondisi berkualitas meski disimpan dalam waktu yang relative lama.

Treatment pengawetan kayu sendiri biasanya dilakukan dengan prinsip yang sederhana. Umumnya, kayu akan diberikan treatment menggunakan bahan pengawet berupa anti jamur, anti serangga, dan berbagai bahan lainnya untuk mencegah penurunan kualitas kayu.

Cara melakukan treatment pengawetan kayu sangat bervariasi. Namun, setidaknya terdapat 4 cara pengawetan kayu yang umum digunakan. Keempat cara tersebut adalah sistem perendaman, sistem vakum tekan, sistem kuas, dan sistem semprot. Untuk memilih satu di antara keempat sistem tersebut, gunakanlah tips memilih cara mengawetkan kayu yang paling tepat yang meliputi pertimbangan kualitas hasil, biaya, hingga kemudahan aplikasi.

3 Tips Memilih Cara Mengawetkan Kayu

  1. Mengawetkan Kayu dengan Sistem Vakum Tekan. Sistem vakum tekan memanfaatkan suatu alat khusus yang memiliki ruang dimana tekanan dan suhu bisa diatur dari luar. Dengan tekanan dan suhu tertentu, larutan pengawet dimasukkan dalam substat kayu pada kondisi vakum. Sistem seperti ini akan memberikan hasil yang paling baik. Namun, kekurangannya adalah biayanya yang tergolong mahal.
  1. Mengawetkan Kayu dengan Sistem Perendaman. Mengawetkan kayu dengan sistem perendaman dilakukan dengan cara merendam kayu dalam larutan pengawet. Cara ini lebih murah dari sistem vakum tekan namun, hasilnya tidak akan sebaik sistem vakum tekan.
  1. Mengawetkan Kayu dengan Sistem Spray dan Kuas. Sisitem spray dan kuas ditempatkan pada poin yang sama sebab memiliki banyak kesamaan dari segi dana dan efektifitas cara. Berbeda dengan aplikasi kedua sistem lainnya, sistem spray dan kuas relative sederhana dilakukan dan bahkan bisa dilakukan orang awam. Cara mengawetkan kayu dengan sistem ini memang terbilang mudah bila jumlah kayu yang harus diawetkan tidak banyak. Kedua sistem ini juga memakan biaya paling sedikit. Namun pada industry skala besar yang perlu mengawetkan kayu dalam jumlah banyak, sistem ini sangat tidak efektif dilakukan dan malah membuang-buang tenaga dan waktu.

Untuk memilih treatment pengawetan kayu yang tepat di antara keempat pilihan di atas, Anda harus tahu dulu apa kebutuhan Anda. Selain itu, Anda harus menghitung dana yang Anda miliki. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, pilihlah dengan bijak menggunakan tips memilih cara mengawetkan kayu yang baik menggunakan pertimbangan kebutuhan hingga dana.

Gunakan Insektisida yang Baik

Permethrine 125 EC
Permethrine 125 EC

Sebagai tambahan tips memilih cara mengawetkan kayu yang dijelaskan di atas, kami merekomendasikan Anda menggunakan bahan pengawet berupa anti rayap yang bagus. Gunakan Permethrine 125 EC untuk efektivitas dan proteksi melindungi kayu yang baik. Anti serangga dengan bahan aktif permethrin tersebut juga bisa diaplikasikan dengan dilarutkan pada pelarut solvent hingga air.

Untuk kontak dan pemesanan Permethrine 125 EC, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

alterntif text

Leave a Reply