Ini Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak

0
118

Apa saja perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak? Ketahui perbedaan di antara keduanya, dan pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak
kenali perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak

Racun serangga atau yang biasa disebut dengan insektisida adalah produk buatan manusia yang diformulasikan dengan tujuan untuk membasmi organism tertentu. Organism tersebut biasa disebut dengan organism target. Produk ini biasanya dimanfaatkan pada beragam industri seperti industry pertanian, perkebunan, dan pengolahan kayu.

Jenis-jenis insektisida sendiri sangat beragam. Bagi Anda yang telah lama berkutat di dunia pertanian hingga pengolahan kayu, jenis-jenis insektisida tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun, bagi Anda yang masih tergolong baru, seringkali pengetahuan mengenai hal ini masih kurang. Padahal, pengetahuan akan hal ini memainkan peran vital pada jumlah keuntungan yang akan Anda nikmati.

Jenis insektisida yang umum dijual di pasaran sendiri, bisa digolongkan menjadi dua jenis. Kedua jenis tersebut adalah insektisida racun kontak dan insektisida sistemik. Perbedaan insektisida sistemik dan racun kontak akan dijelaskan di bawah ini.

Perbedaan Insektisida Sistemik dan Insektisida Racun Kontak

Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik atau yang juga dikenal sebagai insektisida racun perut adalah jenis insektisida yang akan membunuh serangga targetnya bila serangga target tersebut memakan insektisida ini. Dengan kata lain, insektisida ini cocok digunakan untuk organisme yang menjadi hama dengan cara menghisap atau menusuk produk Anda. Contoh organisme target tersebut adalah kutu dan thrips.

Insektisida Racun Kontak

Insektisida racun kontak adalah insektsida yang efektif membunuh hama bila insektisida tersebut terkena langsung pada tubuh hama tanpa perlu memakannya. Insektisida tersebut akan masuk ke dalam tubuh organism target dan menyebabkan kematian. Pada beberapa jenis produk insektisida racun kontak, tertera pula keterangan bahwa insektisida tersebut juga termasuk insektisida sistemik. Ini bermakna bahwa selain bisa membunuh organisme target saat terjadi kontak, insektisida ini juga bisa membunuh organisme non target saat memakan produk yang sudah dikenai insektisida tersebut.

Berdasarkan paparan di atas, diketahui perbedaan insektisida sistemik dan insektisida racun kontak terdapat pada caranya membunuh organisme. Gunakanlah jenis insektisida yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga hama yang menyerang dapat dibasmi dengan benar-benar efektif.

alterntif text

Leave a Reply