Mengawetkan Kayu dengan Sistem Vakum Tekan

0
199

Mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan adalah salah satu cara yang biasa dilakukan agar kayu tetap terjaga kualitasnya hingga digunakan. Cara ini sangat efektif namun tetap memiliki kerugian berupa biayanya yang lebih mahal dibanding sistem lain.

Cara mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan bisa diterapkan untuk hasil yang lebih baik.
Cara mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan bisa diterapkan untuk hasil yang lebih baik.

Proses pengawetan kayu memiliki tujuan agar kayu awet dan tidak menurun kualitasnya akibat terpapar berbagai gangguan. Proses ini adalah proses yang sangat penting diaplikasikan terutama pada kayu yang baru dipanen. Kayu-kayu tersebut umumnya harus disimpan dalam jangka waktu tertentu hingga kemudian diolah menjadi produk lain pada berbagai industri seperti furniture. Bila tidak diawetkan dengan benar, bukan tidak mungkin kerugian yang akan diderita sangat besar. Bahan pengawet pada proses seperti ini sendiri biasanya berupa bahan anti hama kayu seperti anti serangga.

Cara untuk melakukan treatment pengawetan kayu sendiri sangat bervariasi. Salah satu cara yang dikenal sebagai cara yang efektif adalah cara pengawetan dengan sistem vakum tekan. Mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan memenuhi semua indikator sistem pengawetak kayu yang baik, yaitu:

  1. Jumlah bahan pengawet yang meresap dalam kayu bisa diatur lebih mudah sehingga lebih mencukupi.
  2. Kedalaman absorbsi bahan pengawet yang lebih dalam pada kayu.
  3. Lebih merata.

Bagaimana Mengawetkan Kayu dengan Sistem Vakum Tekan?

Prinsip utama mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan ini berlandaskan pada fakta bahwa kayu memiliki daya serap sebagaimana spons. Kayu memiliki banyak pori-pori yang bisa dimanfaatkan untuk meresapkan bahan pengawet pada substratnya. Hanya saja, karena kayu lebih keras dan tidak memiliki daya serap sebesar spons, maka diperlukan kondisi yang khusus.

Untuk mengawetkan kayu dengan sistem vakum tekan, diperlukan kondisi yang bisa diatur tekanannya. Pertama, kayu dimasukkan dalam alat khusus bersama dengan larutan bahan pengawet yang bagus. Kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC untuk larutan anti rayap dan Microcide 100/100 EC untuk anti jamur.

Permethrine 125 EC
Permethrine 125 EC

Silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com untuk mendapatkan Permethrine 125 EC dan Microcide 100/100 EC

Selanjutnya, alat tersebut diatur hingga kondisi di dalamnya vakum. Dengan kata lain, yang tertinggal di dalam alat hanya kayu dan larutan bahan pengawet. Agar larutan bahan pengawet masuk ke dalam substat kayu, tekanan harus diatur agar tekanan di luar kayu lebih tinggi dan larutan secara otomatis masuk dalam pori-pori kayu.

Cara seperti ini memang terbilang sangat efektif. Larutan pengawet yang meresap bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita. Namun demikian, cara seperti ini terbilang mahal untuk dilakukan. Umumnya, sistem vakum tekan digunakan oleh industry kayu besar yang menginginkan produksi kayunya berkualitas tinggi.

alterntif text

Leave a Reply