Cara Mengawetkan Kayu dengan Sistem Kuas

0
117

Cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas adalah salah satu cara yang biasa digunakan dalam treatment pengawetan kayu. Cara ini memang mudah dan murah diaplikasikan namun kurang efektif untuk skala industri yang besar.

Cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas adalah salah satu cara yang bisa dipilih agar kualitas kayu terjaga.
Cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas adalah salah satu cara yang bisa dipilih agar kualitas kayu terjaga.

Treatment pengawetan kayu dimaksudkan untuk menjaga kualitas kayu dengan pemberian bahan-bahan protektif seperti anti serangga (insektisida) dan anti jamur (fungisida). Treatment seperti ini penting dilakukan pada kayu-kayu yang harus disimpan karena rentan terkena paparan yang merugikan. Dengan aplikasi bahan pengawet yang bagus pada kayu, harapannya kayu tetap dalam kondisi baik hingga nilai jualnya pun tidak menurun meski disimpan dalam waktu yang relatif lama.

Pada skala industri yang besar, treatment pengawetan kayu biasanya memanfaatkan sistem perendaman atau sistem vakum tekan. Namun, kedua cara tersebut relatif mahal bila dibanding cara lainnya seperti treatment pengawetan kayu dengan sistem kuas. Pada industri skala kecil, pengawetan kayu memang akan lebih efektif dilakukan dengan sistem kuas. Cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas, bisa meminimalisir penggunaan bahan pengawet yang tidak terlalu banyak seperti pada sistem perendaman atau memerlukan alat canggih yang mahal seperti pada sistem vakum tekan. Aplikasi bahan pengawet yang hanya perlu dikuas, hanya membutuhkan tenaga yang lebih besar karena pengkuasan harus dilakukan satu persatu.

Keuntungan dan Kerugian Cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan cara mengawetkan kayu menggunakan sistem kuas:

  1. Biaya yang tidak begitu besar dan lebih rendah dibanding cara yang lainnya.
  2. Labih efisien digunakan bila kayu yang harus di-treatment tidak terlalu banyak.

Sedangkan kekurangan sistem ini adalah:

  1. Penetrasi yang kurang dalam karena larutan bahan pengawet hanya dikuaskan dan dibiarkan meresap dengan sendirinya pada kayu. Dengan demikian, proteksi yang diberikan pun kurang maksimal dan kurang tahan lama.
  2. Tidak efektif dan kurang praktis bila kayu yang harus di-treatment banyak. Tenaga yang dibutuhkan untuk mengkuas kayu satu per satu jelas lebih besar dan memakan waktu lebih banyak dibanding sistem treatment yang lainnya.
Permethrine 125 EC
Permethrine 125 EC

Untuk mengatasi kekurangan cara mengawetkan kayu dengan sistem kuas, sebenarnya bisa dilakukan dengan treatment yang lebih dari satu kali. Selain itu, usahakan pula menggunakan bahan pengawet yang kualitasnya bagus seperti Permethrin 125 EC untuk mencegah serangan rayap dan Microcide 100/100 EC untuk mencegah serangan jamur dan bakteri. Kedua produk water based tersebut sangat efektif membasmi beragam jenis organisme target. Permethrine 125 EC bahkan bisa mencegah serangan mamalia perusak seperti tikus.

Informasi dan Pemesanan

Untuk informasi dan pemesanan kedua produk tersebut, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

alterntif text

Leave a Reply