Anti Jamur yang Bagus untuk Menjaga Kualitas Kayu

0
95

Gunakan anti jamur yang bagus untuk mempertahankan kualitas kayu milik Anda. Dengan demikian treatment pengawetan kayu yang dilakukan pun tidak akan sia-sia.

Mengapa Serangan Jamur Harus Diatasi?

Gunakan anti jamur yang bagus untuk cegah kerusakan akibat jamur.
Gunakan anti jamur yang bagus untuk cegah kerusakan akibat jamur.

Jamur merupakan salah satu organisme yang umum ditemukan menyebabkan kerusakan pada berbagai produk kayu. Organisme ini bahkan bisa menimbulkan kerusakan yang sifatnya kronis. Keberadaan jamur pada kayu bisa mengakibatkan lingkungan di sekitarnya lebih memungkinkan untuk tumbuhnya organisme lain seperti serangga dan bakteri. Munculnya serangga dan bakteri sendiri jelas akan lebih menyuburkan jamur. Siklus pun terulang hingga menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

Selain bisa menimbukan kerusakan parah, jamur juga merupakan hama yang mudah sekali tumbuh. Spora jamur sangat mudah terbawa pada substrat kayu dengan angin atau terbawa organisme lain seperti serangga dan manusia. Bila kondisi kayu cukup lembab, jamur akan tumbuh dan menyebarkan spora barunya ke kayu lainnya lagi. Pada industri kayu dimana berbagai produk kayu yang baru dipanen harus disimpan, tentu hal ini harus diwaspadai. Kayu-kayu tersebut biasanya di-treatment khusus dengan produk anti jamur. Produk anti jamur yang digunakan pun harus merupakan anti jamur yang bagus. Apa saja kriterianya?

Kriteria Anti Jamur yang Bagus untuk Treatment Pengawetan Kayu

Sebuah produk anti jamur atau fungisida bisa disebut bagus untuk mengawetkan kayu bila:

  1. Memiliki spektrum organisme target yang luas atau bisa membasmi lebih dari satu jenis jamur. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengaplikasikan satu produk untuk proteksi yang multifungsi
  2. Bisa memberikan perlindungan maksimal dalam rentang waktu yang lama.
  3. Bisa diaplikasikan dengan mudah dan berbagai cara.
  4. Tingkat toksiksitas tinggi namun relatif aman bagi manusia.

Anda juga bisa menggunakan faktor lain selain keempat faktor di atas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan efektifitas fungisida pada kayu tertentu. Sebab, tiap jenis kayu memang memiliki karakteristik tersendiri dan biasanya memiliki hama jamur tersendiri. Dengan demikian, Anda benar-benar bisa mendapatkan anti jamur yang bagus yang sesuai kebutuhan serta kondisi Anda.

alterntif text
SHARE

Leave a Reply